Senin, 27 Juni 2016

10 Kelebihan Apple iOS 10

10 Kelebihan Apple iOS 10
Untuk tetap bertengger di posisinya sebagai smartphone hight end, Apple kembali merilis generasi penerus iOS 9. Kelebihan Apple iOS 10 yang dipresentasikan oleh Apple ini mengklaim bahwa fitur tersebut merupakan penyempurnaan dari versi iOS sebelumnya. Sistem operasi terbaru ini juga disebut sebagai rilis terbesar iOS sejak pertama kali meluncur.

Sebelumnya Bedakan Smartphone membahas 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE yang akan mendapatkaan update iOS 10. Beberapa pengguna mengatakan bahwa iOS 9 saja sudah enak digunakan karena juga menawarkan fitur baru sehingga lebih aman, dan nyaman digunakan. Apalagi tampilannya yang terlihat lebih fresh sehingga terasa enak saat dipandang di mata pengguna. Bahkan iOS 9 telah disematkan dibeberapa produk unggulan Apple seperti iPhone 5s, iPhone 6s, dll. Lalu seperti apakah fitur unggulan yang dimaksudkan oleh Apple, silahkan simak di bawah ini:

1. Messages

Pada iOS 10, aplikasi perpesanan mengalami peningkatan karena sudah mendukung live GIF dan video playback. Semua multimedia yang bisa diputar akan bisa disetel dalam thread pesan. Pengguna juga bisa menikmati akses cepat ke foto dan live camera feed tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang dibuka. Antarmuka perpesananpun dirancang lebih nyaman dengan Emoji 3x lebih besar sehingga pengguna bisa mengganti kata dengan Emoji cukup dengan mengetuk saja. Bubble Effect di aplikasi ini juga cukup menarik. Pengguna bisa menanamkan efek berbeda dalam iMessages sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini juga mendukung tulisan tangan dan Digital Touch serta terbuka untuk pengembang.

2. Siri

Siri pada iOS 10 juga mengalami peningkatan dengan penambahan fitur baru. Namun, perubahan paling signifikan adalah dibukanya Siri untuk pengembang sehingga aplikasi ini bisa mengirim pesan via message client non Apple. Siri di iOS 10 juga bisa mencari foto melalui aplikasi foto pihak ketiga, bisa melakukan panggilan VoIP atau mengirim pembayaran.

3. Antarmuka

Apple merancang ulang sektor lockscreen pada iOS 10, dimana sekarang mendukung fitur ‘pick up to wake’ dan akses kamera di iOS 10 lebih gampang cukup dengan menyapukan layar ke kiri saja. Jika menyapukan layar ke kanan di iOS 10, maka pengguna akan menemukan halaman widget. Saat Android menyingkirkan widget di lockscreen, iOS 10 justru menghadirkannya kembali, keren bukan?

Baca: 10 Perbedaan iPhone SE VS iPhone 5 S

Selain itu, area notifikasi iOS 10 juga didesain dengan tampilan seperti gelembung. Control Center kini terdiri dari dua jendela yakni yang satu berisi tombol perintah dan satu lagi berisi kontrol untuk music yang konsepnya ala bubble atau gelembung. Terdapat Control Center Tab ketiga jika pengguna memakai fitur ‘Home app’ yaitu pintas menuju aksesoris home.

Tak hanya itu, iOS 10 juga telah mendongkrak kemampuan 3D Touch, pengguna bisa melihat sekilas informasi tambahan dari notifikasi dan bahkan aplikasi di homescreen. Apabila pengguna suka, bisa langsung memasangnya sebagai widget di halaman ‘Today’. Sebuah interface yang pastinya membuat pengguna menjadi betah.

4. Maps

Aplikasi Maps di iOS 10 mendapat suntikan layer, panduan lebih pintar dan proaktif. Maps mendukung extention yang berguna membantu aktivitas sehari-hari dengan menawarkan rute tercepat mengikuti trafik di sekitar dan menyarankan tempat-tempat penting di area terdekat. Maps di iOS 10 ini juga bisa mengatur reservasi. Fitur baru pada Maps in CarPlay juga seperti menambahkan turn-by-turn navigation ke display dashboard.

5. QuickType keyboard

Untuk kenyamanan pengguna, keyboard di iOS 10 disempurnakan dengan kecerdasan Siri hingga bisa memperkirakan apa yang hendak pengguna katakan atau jawab. Fitur di iOS 10 ini juga bisa membaca pesan dan menyarankan apakah pengguna hendak membuat jadwal, membagi lokasi, mengingat alamat dan mendukung pengetikan multilingual sesuai dengan keinginan.

6. Phone

Apple telah mengupdate aplikasi Phone di iOS 10 dengan beberapa fitur tambahan. Semua aplikasi VoIP pihak ketiga sekarang menggunakan calling screen yang sama dengan default aplikasi Phone. Skype, Viber dan yang lain-lain punya notifikasi full screen dengan foto. Beberapa opsi dan slider penjawab berukuran besar di iOS 10. Dalam phonebook pengguna dapat memilih aplikasi yang hendak dipakai untuk menelepon nomor tertentu. Voice Mail bisa menampilkan transkrip pesan dan bisa mendeteksi sebuah pesan yang datang dari nomor tak dikenal, bahkan sebelum masuk voicemail sekalipun.

7. News

News di iOS 10 juga mengalami antarmuka baru. Pengguna bisa membuat subtopik, misalnya menyukai bacaan seputar ‘Euro terbaru’. News akan secara otomatis membuat sub kategori untuk ‘Euro terbaru’. Aplikasi ini juga mendukung subscription dimana user bisa mendapat konten gratis dan berbayar di satu tempat. Notifikasi Breaking News di homescreen juga hadir dalam update baru.

8. Foto

iOS 10 menyempurnakan aplikasi foto dengan beberapa trik baru dan untuk pengguna Android sebenarnya sudah familiar. Aplikasi ini bisa menampilkan foto di peta, kemudian pengguna bisa menyortirnya dengan wajah teman mereka. Fitur baru yang menarik adalah penyortiran kecerdasan buatan di ‘Memories’ yang bisa memindai foto dan mengurutnya dalam album otomatis sesuai kriteria seperti landmark, hewan, people, topik dan lain-lain sesuai keinginan user.

9. Apple Music

Aplikasi music di iOS 10 juga memiliki tampilan antarmuka lebih fresh sehingga memudahkan pengguna mencari musik dan mengorganisirnya sesuai keinginan sendiri. Menurut beberapa pengguna aplikasi music di iOS 10 lebih enak digunakan ketimbang di iOS 9.

10. Home App

Pada iOS 10, Apple ingin penggunanya bisa mengontrol segala hal di rumah melalui Home app baru mereka. Home App sudah mendukung berbagai aksesoris elektronik cerdas yang populer dan user bisa mengontrol semuanya via iPhone. Seperti lampu, pintu, kunci, kamera, AC, kipas angin, bel dan lain-lain bisa dikontrol dengan mudah. Selain itu, Home app juga mendukung 3D Touch dan control Center menyelipkan tab ketiga yang menawarkan kontrol untuk aksesoris paling sering digunakan oleh pengguna.

Baca: Perbedaan iPhone 6 Vs 6S Vs 6 Plus

Selain 10 Kelebihan Apple iOS 10 di atas masih ada beberapa fitur baru lainnya yang disisipkan di versi OS terbaru ini. Seperti Safari pada iPad yang menyuguhkan splitscreen view. Sektor privasi juga ditingkatkan dengan dukungan end-to-end encryption, tak ada user profiling dan semua data yang bersifat privasi tidak dibagi antar aplikasi.

Diantara produk Apple, iPhone manakah yang akan mendapatkan update dari iOS 10 ini? Kabarnya iOS 10 akan tersedia untuk iPhone 5 ke atas, iPad mini 2 ke atas, iPad 4 ke atas, dan iPod Touch 6 ke atas secara gratis. Khusus untuk versi beta test dimulai pada Juli 2016. Menggunakan versi OS terbaaru dari Apple ini tentu membuat pengguna akan merasakan banyak hal yang baru. Apabila anda sudah merasakan pengalaman memakai iOS 10 ini mohon untuk memberikan kritik atau saran mengenai postingan 10 Kelebihan Apple iOS 10 ini agar apabila postingan ini terdapat kekurangan bisa di tambahkan oleh penulis. Semoga postingan ini bermanfaat, dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar