Senin, 27 Juni 2016

10 Cara Membedakan Samsung A5 Asli dan Palsu

Samsung Galaxy A5 merupakan smartphone unibody yang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah yang menyukai perangkat berdesain premium tetapi memiliki harga yang terjangkau. Smartphone ini cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena membawa beragam fitur yang mampu memenuhi kebutuhan harian. Hadirnya perangkat yang berdesain premium ini ditakutkan akan memicu kemunculan Samsung A5 palsu yang menyerupai device aslinya.

Samsung Galaxy A5

Bagaimana tidak, para oknum-oknum membuat berbagai produk smartphone tiruan berdasarkan pada tingkat popularitas suatu device di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kehadiran produk Samsung Galaxy A5 palsu sangat memungkinkan di Indonesia. Apalagi perangkat ini tergolong smartphone berdesain premium yang bisa membawa banyak keuntungan bagi si pelaku pembuat perangkat tiruan. Sebagai konsumen yang cerdas, sebelum memilih smartphone perlu mengetahui cara cek keaslian HP Samsung Galaxy A5 demi keamanan sebelum membeli.


Samsung Galaxy A5 2016

Masih ingat tentang postingan sebelumnya mengenai 17 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A5 2016. Nah postingan yang mengulas perbedaan antara Samsung Galaxy A5 asli dan palsu ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya dengan tujuan untuk mengetahui ciri HP Samsung Galaxy A5 asli sehingga anda terhindar dari kasus penipuan. Berikut ini Bedakan Smartphone membuat artikel tentang 10 Cara Membedakan Samsung A5 Asli dan Palsu:


1. Kamera Utama
Cara membedakan HP Samsung Galaxy A5 asli atau palsu yang pertama dapat dilihat dari kwalitas kamera utama. Samsung Galaxy A5 dilengkapi kamera belakang 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.0, 28mm, autofocus, LED flash serta fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan kemampuan merekam video 1080p@30fps.

Sedangkan Samsung Galaxy A5 2016 dilengkapi kamera belakang 13 mega pixel dengan kemampuan f/1.9, 28mm, OIS, autofocus, LED flash, serta fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR dan kemampuan merekam video 1080p@30fps.

Ketika digunakan untuk melakukan foto hasilnya sangat bagus dengan pencahayaan yang natural. Ciri Galaxy A5 palsu adalah kwalitas kamera utama yang tidak bagus, terkadang noise terlihat dan disuatu kondisi justru gambar yang dihasilkannya buram. Apalagi jika digunakan pada malam hari.


2. Kamera Depan
Smartphone ini sepertinya diproduksi juga untuk menyasar pengguna selfie, buktinya kamera sekunder pada Samsung A5 dan Samsung A5 2016 ini dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel dengan f/2.2, 23mm. Ciri HP Galaxy A5 palsu biasanya kamera depan hanya hiasan saja atau bisa jadi kamera betulan tetapi kemungkinan fiturnya tidak selengkap di atas, hal itu dilakukan oleh si pelaku untuk mengurangi biaya produksi.

3. Kapasitas RAM
Hal lain yang dapat dijadikan perbandingan antara Samsung Galaxy A5 asli dan palsu adalah melalui kapasitas RAM. Fungsi RAM adalah memori sementara yang bertugas menyimpan data-data saat sebuah aplikasi sedang dijalankan. Jika kapasitas RAM suatu perangkat kecil maka device tersebut akan cepat mengalami lemot atau lag. Biasanya jika produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja mengingat perangkat Samsung Galaxy A5 merupakan device menengah ke bawah. Ciri Samsung A5 asli dan Samsung A5 2016 asli ialah menggunakan RAM berkapasitas 2 GB. Apabila smartphone Samsung Galaxy A5 yang anda miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka anda patut curiga.

4. Memori Internal
Perbedaan Samsung A5 palsu berikutnya dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Internal memori merupakan memori yang melekat pada perangkat yang bertugas menyimpan data-data aplikasi yang terinstall atau menyimpan berbagai file, dll. Disni juga yang paling sering digunakan oleh pelaku agar smartphone palsu yang mereka jual bisa dibadrol dengan harga murah. Samsung Galaxy A5 asli dan Samsung Galaxy A5 2016 asli menggunakan internal 16. Biasanya smartphone tiruan menggunakan memori internal paling besar itu 8 GB lebih dari itu mereka tentu tidak mau karena takut rugi.

5. Versi OS Android
Nah disini juga paling sering diincar oleh pelaku kejahatan agar smartphone yang mereka jual bisa berharga murah. Samsung A5 asli menggunakan Android OS, v4.4.4 (KitKat). Dan Samsung A5 2016 memakai Android OS, v5.1.1 (Lollipop). Nah yang sering digunakan pada produk Samsung A5 tiruan atau palsu adalah versi Android yang sudah lama meluncur seperti Jellybean atau Honeycom.

6. Chipset, CPU dan GPU
Fungsi Chipset adalah untuk mengatur kecepatan aliran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Samsung Galaxy A5 asli memakai hardware sebagai berikut:
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306

Sedangkan pada Samsung Galaxy A5 2016 asli memakai hardware sebagai berikut:
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dan Exynos 7580 Octa
  • CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405 dan Mali-T720MP2

Hal itu membuat Samsung A5 dan A5 2016 dirasa cukup untuk bermain beberapa game HD. Sekarang coba anda lihat device yang anda miliki, apabila hardware tidak sama dengan di atas pasti itu smartphone Samsung Galaxy A5 supercopy atau palsu.

7. Fitur Jaringan
Samsung Galaxy A5 ori support berbagai jenis jaringan dari 2G hingga 4G LTE dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya smartphone Samsung Galaxy A5 KW / palsu paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan tidak mendukung Wifi serta hotspot. Silahkan cek smartphone anda.

8. Ada NFC
Samsung A5 dan Samsung A5 2016 asli memiliki fitur NFC sehingga dalam berbagi foto menjadi sangat mudah karena hanya cukup sekali sentuh saja foto yang ingin di kirim. Biasanya juga smartphone Samsung A5 kloning dan Samsung A5 2016 kloning sangat malas menyematkan fitur NFC pada perangkat tersebut. Coba anda cek Samsung A5 yang anda miliki, apakah ada NFC? Jika tidak itu pasti produk supercopy.

9. Koneksi
Samsung Galaxy A5 asli menggunakan koneksi Bluetooth versi v4.0 yang disertai dengan dukungan A2DP, EDR, dan LE. Sedangkan Samsung A5 2016 menggunakan koneksi Bluetooth versi v4.1 yang disertai dengan dukungan A2DP, EDR, dan LE. Biasanya lagi, Samsung Galaxy A5 dan A5 2016 palsu juga malas menyematkan Bluetooth versi terbaru ke dalam perangkatnya. Kalau mereka memasang semua fitur sama persis seperti aslinya pasti mereka akan rugi.

10. Cek IMEI
Cara cek keaslian Samsung Galaxy A5 dan A5 2016 paling ampuh adalah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek kode IMEI Samsung Galaxy A5 dan A5 2016 cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone anda saja. Silahkan anda cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resminya.  Apabila Samsung Galaxy A5 dan A5 2016 anda memang benar-benar asli maka keduanya akan cocok. Apabila smartphone yang anda miliki ternyata tiruan, maka hasilnya pasti failed.

Kesimpulan
Semua perbedaan antara Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A5 2016 asli atau palsu yang disebutkan di atas adalah berdasarkan pada software dan hardware. Perbedaan secara fisik belumlah di bahas mengingat penulis harus membandingkan kedua smartphone antara asli dan palsu secara nyata dan disertai dengan bukti berupa gambar hasil pengamatan.

Apabila anda memiliki bukti gambar cara membedakan secara fisik antara Samsung Galaxy A5 dan A5 2016 asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga bisa diposting dikemudian hari. Oh iya, Sumber artikel di atas di ambil dari GSMArena yang merupakan website terpercaya khusus membahas handphone dan website ini sudah berskala internasional. Sehingga mengenai ke akuratan data sangat dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah anda melakukan 10 Cara Membedakan Samsung A5 Asli dan Palsu di atas sekarang anda pasti sudah bisa menentukan apakah smartphone yang anda miliki itu benar-benar original atau tidak. Anda juga bisa share ke teman-teman anda agar mereka juga bisa membuktikan sendiri dengan cara cek keaslian Samsung Galaxy A5, apakah smartphone yang mereka miliki asli atau tiruan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar