Kamis, 07 April 2016

6 Cara Membedakan Charger Hp Samsung Asli dan Palsu

Banyak sekali di pasaran beredar charger Hp Samsung yang dijual dengan harga yang murah, tetapi dari segi keamanan sangat rendah. Sebagai masyarakat yang cerdas, konsumen harus mengetahui cara membedakan  charger Hp Samsung asli (ori) dan palsu (termasuk replika, KW, supercopy, dan tiruan) agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain ketika charger tersebut digunakan.

Masih ingat dengan postingan sebelumnya tentang Cara Membuat HP Android Tidak Lemot? Charger palsu juga mempengaruhi peforma smartphone anda. Sebenarnya, cara paling mudah untuk mengetahui perbedaan antara charger Hp Samsung asli dengan palsu adalah harganya yang memang murah dibandingkan dengan charger ori Samsung. Tetapi, ada produk charger Samsung KW tetapi memiliki kualitas yang sangat mirip sehingga sulit untuk dapat dibedakan.

Untuk mengetahui perbedaannya, harus ada dua perbandingan dalam bentuk fisik sehingga lebih mudah dipahami. Berikut ini Bedakan Smartphone memberikan 6 cara untuk membedakan produk charger Samsung ori dan tiruan dari segi fisik.
 

1. Foot Charger Samsung 
Foot Charger Samsung asli dan palsu

Perhatikan kaki (foot) pada charger Samsung asli, terdapat bulatan yang menonjol dengan tujuan agar charger tidak goyang ketika di colokkan. Berbeda dengan charger Samsung palsu yang sama sekali tidak terdapat tonjolan alias halus dari atas hingga ke bawah. Lihat gambar di atas! 

2. Logo Samsung di Charger 
Logo charger Samsung asli dan palsu

Lihat gambar di atas! Jika kita amati bagian atas kepala charger Samsung asli maka terlihat logo “SAMSUNG” dengan warna yang tidak terlalu terang karena menyatu dengan bahan plastik sehingga tidak tampak timbul. Sedangkan, pada charger Samsung palsu memiliki warna yang lebih terang meskipun tidak terlihat timbul. Selain itu, logo huruf “A” pada charger Samsung tiruan ini terkesan agak beda. 

3. Bagian Samping Charger 
Bagian Samping Charger Samsung asli dan palsu

Coba perhatikan tulisan yang berada disamping charger Samsung asli terlihat lebih simple dan tidak terlalu repot dengan adanya ember-embel yang tidak berguna. Sedangkan, pada charger Samsung KW terdapat cukup banyak embel-embel sehingga tampak ribet. Perhatikan gambar di atas! 

4. Lingkaran Kepala Charger 
Kepala Charger Samsung asli dan palsu

Jika kita perhatikan lingkaran kepala charger yang ada di atas, maka tampak jelas perbedaannya. charger Samsung asli memiliki lekukan dengan tonjolan yang sedikit. Sedangkan, charger Samsung replika di atas memiliki lekukan dengan tonjolan yang terlihat jelas. 

5. Panjang Colokan & Logo USB 
Colokan Samsung asli dan palsu

Colokan pada charger Samsung asli tidak terlalu panjang atau agak pendek. Berbeda dengan colokan charger Samsung supercopy yang terlihat lebih panjang sehingga ketika kita colokkan pada Hp Samsung maka tidak akan masuk secara sempurna. Selain itu, logo USB pada charger Samsung ori memiliki warna yang tidak teralu terang dan logo charger Samsung fake warnanya terlihat lebih terang. 

6. Colokan ke Kepala Charger 
Colokan USB charger Samsung asli dan palsu

Perhatikan lingkaran merah yang terdapat pada colokan yang akan masuk ke kepala charger. Pada charger Samsung asli memiliki logo yang tidak terlalu terang (seperti biasa khas Samsung). Sedangkan pada charger Samsung palsu, warna logo terlihat lebih terang.

Buat teman-teman terdekat anda juga terhindar dari kasus-kasus seperti charger palsu dengan memberikan ilmu pengetahuan yang telah anda dapatkan setelah membaca artikel di atas. Dengan begitu, anda telah berkontribusi untuk mengurangi kasus kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Terimakasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar