Minggu, 07 Februari 2016

Cara Cek Kode IMEI Hp Samsung Asli

Pentingnya mengetahui cara untuk cek IMEI Hp Samsung asli untuk menghindari hal-hal yang bersifat penipuan dengan beredarnya produk-produk smartphone yang memiliki kualitas KW. Sebelum melakukan pengecekan, sebaiknya kita kenali dulu apa itu IMEI? Kode IMEI adalah suatu kode unik yang hanya dimiliki oleh satu device saja dan kode unik tersebut tidak ada pada ponsel lain. Keberadaan kode inilah yang membedakan smartphone yang satu dengan smartphone lainnya sehingga membuat kita mudah mengenali HP milik kita sendiri.

Jika misalnya kita mengalami kehilangan Hp, dan smartphone kita itu ternyata diambil oleh orang lain yang mengaku bahwa ponsel itu miliknya, maka hanya kode IMEI yang paling objective digunakan sebagai bukti bahwa smartphone tersebut adalah milik kita. Mengapa? karena jika kita menggunakan penilaian secara fisik maka itu tidak akurat, sebab casing setiap HP pasti bisa digonta-ganti dengan mudah meskipun smartphone premium sekalipun.

Bisakah dengan mengingat Sofware atau aplikasi yang terinstall dialaminya? Tentu kurang akurat juga, karena jika kita menginstall aplikasi pihak ketiga maka aplikasi itu bisa dengan mudah di unistall oleh si pelaku. Tak hanya itu saja, jika pelaku mengembalikan semua data ke pengaturan pabrik atau mereset ulang ponsel tersebut, maka smartphone itu akan terlihat seperti baru lagi. Nah dari beberapa penjelasan di atas solusi paling tepat untuk mengatasi permasalahannya demikian hanya bisa dilakukan oleh kode IMEI saja.

Mengapa hanya kode IMEI? karena, kode ini tidak dapat diganggu gugat sehingga sudah menjadi hak paten yang menjadi ketetapan standar internasional. Kode IMEI tidak bisa diganti, jika ingin mengganti maka ketika di cek pada daftar produk pembuatnya maka kode tersebut tidak ada dalam daftar. Misalnya, ada ponsel supercopy yang meniru Samsung Galaxy S6. Setelah kodenya di cek memang benar kode IMEI akan muncul, tetapi setelah dimasukkan ke website milik Samsung yang berisi seluruh daftar IMEI produk besutan-nya itu, maka kode IMEI Samsung Galaxy S6 supercopy tadi tidak terdeteksi alias tidak terdaftar.

Bagaimana cara mengecek kode IMEI Hp Samsung asli? Untuk melakukan pengecekan terhadap keaslian IMEI Samsung original caranya sangatlah mudah. silahkan ikuti stepnya beribut ini:
  • Tekan *#06# pada kepada Samsung (lihat gambar di bawah)
  • Maka kode IMEI akan muncul (lihat gambar di bawah)
  • Catat kode tersebut dalam selembar kertas
  • Cek IMEI ke website asli samsung
  • Lihat hasilnya.



Jika samrtphone Samsung yang kita miliki original sudah pasti akan muncul pemberitahuan bahwa kode IMEI yang kita masukkan itu cocok. Namun, jika kode IMEI yang kita masukkan tidak sesuai dengan seluruh daftar kode IMEI produk Samsung, maka dapat dipastikan bahwa itu bukan produk asli melainkan smartphone palsu, replika, supercopy, tiruan maupun KW. Nah kalau kita sudah mengetahui hal itu, maka sikap berhati-hati adalah langkah yang baik agar kita tidak terjebak pada kasus penipuan.


Selamat mencoba cara di atas, cukup sampai disini dulu artikel Cara Cek Kode IMEI Hp Samsung Asli semoga postingan ini benar-benar bermanfaat bagi kita semua sehingga meningkatkan ketelitian kita dalam menentukan smartphone asli dan produk palsu. Terimakasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar