Minggu, 22 Mei 2016

20 Kelebihan Android N 7.0 VS Android 6.0 Marshmallow

20 Kelebihan Android N 7.0 VS Android 6.0 Marshmallow
Keberadaan Android 6.0 saja sudah membuat penggemar robot hijau ini sangat senang sekali. Apalagi penerus terbarunya yang memiliki kelebihan dengan fitur-fitur unggulan sehingga menjadi daya tarik bagi pengguna gadget khususnya smartphone. Ha inilah yang semakin membuat konsumen penasaran ingin mencicipi OS terbaru dari Google ini.

Android N
 
Pengenalan kelebihan Android N 7.0 preview sebenarnya sudah dilakukan Google pada 18-20 Mei 2016 lalu. Selain memperkenalkan penerus Marshmellow ini, perusahaan Search Engine ini juga memperkenalkan aplikasi chatting pesaing Whats App bernama Allo. Disana juga dipamerkan Google Duo, Google Home, dan Google Assitant. Ajang tersebut digelar di sebuah gedung bernama Shoreline Amphitheather dekat markas besar di Mountain View - California AS dengan tema “Festival.”

Fitur terbaru dari Android N 7.0 preview tentu membawa angin segar yang sangat mengembirakan bagi berbagai vendor smartphone yang menggunakan OS robot hijau ini. Kelebihan pada Android N 7.0 final nantinya pasti akan menyedot banyak pengguna beralih ke Android. Sejauh mana perkembangan dari Android N 7.0? Berikut Bedakan Smartphone rangkum berdasarkan sumber dari PhoneArena.

1. Dukungan Virtual Reality

Untuk menunjukkan keseriusannya dalam hal teknologi Virtual Reality, Google menyematkan dukungan teknologi Virtual Reality khusus Android N 7.0 ini yang disebut dengan “Daydream.” Perangkat Virtual Reality ini merupakan perangkat mandiri yang sudah mencakup hardware dan juga softwarenya. Anda akan bisa mengakses Modus Virtual Reality dari Android N 7.0, karena Google membuat antarmukanya khusus sehingga membuat anda dapat melakukan navigasi dalam dunia Virtual Reality, menjalankan aplikasi, play game, dan menikmati berbagai konten hiburan yang menarik.

2. Clear All di Multitasking
Fitur yang satu ini sebenarnya bukan hal baru, sejumlah produsen pembuat Android sudah memberikan fitur ini dalam Custom ROM yang mereka buat. Namun, karena fitur ini belum ada di versi-versi Android original sebelumnya sehingga fitur ini bisa disebut baru bagi Android N 7.0 original. Melalui fitur ini, anda tidak perlu mengusap ke kiri atau ke kanan satu persatu untuk menghapus aplikasi di latar belakang. Cukup dengan menekan satu tombol maka semua aplikasi yang berjalan dibelakang background akan tertutup.

3. Screen Zoom
Android N 7.0 memungkinkan pengguna mengatur ukuran layar dan memperbesar atau menyusut semua elemen di layar smartphone anda. Fitur ini tentunya meningkatkan aksesibilitas perangkat untuk pengguna dengan penglihatan.

4. Unicode 9 dan Emoji Baru
Kejutan kecil pertama di Google I/O 2016 untuk Android N adalah dukungan Unicode 9, yang membuat emoji manusia menjadi lebih 'manusiawi' dengan pilihan warna kulit. Selain itu, ada juga sekitar 70 emoji baru yang menjadi bawaan Android N secara default.

5. Instan Aplikasi
Google terus berupaya untuk membuat pengguna Android nyaman. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan install aplikasi dengan lebih cepat. Misalnya, ketika kita mencari aplikasi di Google Play Store dengan nama “Google Plus” maka yang muncul justru aplikasi serupa yang mirip. Nah melalui fitur Instant Apps ini akan memangkas langkah-langkah rumit tersebut sehingga pengguna bisa dengan cepat bisa menemukan aplikasi yang mereka cari.

6. Google Assistant
Fitur dari Android N 7.0 yang satu ini mirip dengan aplikasi Google Now. Google mengklaim asisten digital buatannya itu sekarang lebih cerdas. Fitur barunya adalah adanya ruang untuk chatting (chat room), dimana anda dapat mengajukan pertanyaan yang kompleks dan mendapatkan jawaban non-mekanis yang cukup spesifik. Penasaran kan?

7. Taksonomi Notifikasi
Kelebihan lain pada Android N 7.0 terletak pada notifikasinya. Notifikasi yang masuk tidak tampil secara kronologi. Melainkan dikelompokkan berdasarkan aplikasi, misalnya notifikasi untuk aplikasi email. Notifikasi yang dikelompokan berdasarkan aplikasinya tersebut dapat di-preview dengan melakukan swipe dua jari atau dengan menyentuh tombol expansion yang baru. Hal ini membuat notifasi terlihat simple dan tidak panjang.

8. Update Seamless

Pada Android versi sebelumnya, pengguna smartphone Android mengalami proses update yang cukup ribet dan memakan waktu. Dimana anda harus download update, meng-install, restart, kemudian menunggu dan menunggu. Dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Google melengkapi Android N 7.0 dengan fitur update seamlessly. Nantinya, proses update firmware tidak serumit seperti Android versi-versi sebelumnya. File update akan diunduh secara otomatis dan tidak terlihat, ketika anda melalukan reboot, perangkat akan otomatis melakukan upgrade dengan sendirinya.

9. Quick Setting
Peningkatan juga terjadi pada quick settings Android N 7.0 ini. Anda dapat menampilkan pilihan quick-settings yang lebih sedikit atau lebih banyak. Termasuk juga dengan penambahan pilihan baru yang lebih bervariasi seperti auto-rotate, clock, baterai dan shortcut baru lainnya dan terdapat juga pilihan edit serta re-arrange. Silahkan anda atur sendiri pada Android N 7.0 ini.

10. Java 8 Language
Keberadaan fitur terbaru bernama Java 8 Language ini tentunya merupakan sebuah hal yang sangat keren bagi newbi. Dengan Android’s Jack Compiler, Anda dapat menggunakan berbagai macam fitur populer pada Java 8 Language, termasuk Lambdas dan fitur lainnya.

11. Multi-window

Pengguna multitasking pada Android N 7.0 akan lebih baik dengan adanya dukungan multi-window. Cara pengoperasiannya pun sangat mudah, cukup buka recent app, pilih aplikasi dan tekan dalam waktu yang cukup lama, kemudian seret. Maka aplikasi yang Anda tekan akan terbuka pada separuh layar atau masuk dalam modus multi-window. Anda juga dapat melakukan drag dan drop info atau file dari satu jendela ke jendela lain yang aktif. Bagaimna, menarik bukan?

Oh iya, pada Android N 7.0 ini, dua aplikasi dalam modus multi-window letaknya bersebelahan atau atas bawah, tergantung dengan orientasi layar yang digunakan. Anda juga dapat menggeser garis pembatas untuk membuat salah satu layar menjadi lebih lebar atau kecil. Pada perangkat yang lebih besar seperti tablet, terdapat modus multitasking dengan tampilan yang lebih kecil. Artinya pengguna bebas memilih mengubah ukuran sesuai dengan lebar layar gadged yang digunakan.

12. Kalibrasi Layar
Pada Android N 7.0, Google memperbolehkan Anda untuk mengatur kalibrasi warna layar. Google memberikan pengaturan manual RGB, yakni Red, Green dan Blue. Mungkin Google bisa mempertimbangkan pilihan modus yang lebih mudah, seperti modus foto atau film. Silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing.

13. Balas Cepat

Selain notifikasi yang telah dilakukan taksonomi, di Android N 7.0 juga memungkinkan Anda untuk membalas notifikasi pesan masuk secara langsung pada bar notifikasi. Anda juga dapat melakukan preview terhadap keseluruhan isi pesan hanya dengan menggunakan dua jari atau menggulir teks yang ada, dan kemudian tekan tombol quick reply untuk membalasnya. Fitur ini membuat pengguna tidak perlu repot dan membalas pesan dengan cepat.

14. Daya Lebih Efisien
Fitur penghemat daya pada Android N 7.0 ini bernama Doze mode. Ketika layar dalam kondisi mati, semua proses yang berjalan pada latar belakang pun dihentikan sehingga tidak memakan daya yang banyak. Meski begitu, beberapa aplikasi tetap dioptimalisasi pada mode Doze sehingga pengguna akan tetap menerima notifikasi penting.

15. Hemat Kuota Internet

Kelebihan Android N 7.0 berikutnya adalah adanya fitur Data saver yang telah diperbarui, fitur ini memungkinkan Anda mengehemat kuota internet. Sistem ini akan memblokir penggunaan data pada aplikasi di latar belakang agar menggunakan data seminimal mungkin. Misalnya, dengan membatasi kecepatan bit rate pada saat streaming video atau musik, mengurangi kualitas gambar dan lainnya. Anda juga dapat mengecualikan beberapa aplikasi tertentu agar tidak terganggu dari data saver. Fitur ini membuat kuota internet anda tidak akan boros, jika masih tetap boros anda perlu melakukan cara menghemat kuota internet.

16. Modus Malam

Keberdaan modus malam sangatlah penting ketika pengguna menggunakan smartphone mereka ditempat yang gelap sehingga kontras cahaya tidak merusak mata. Sebenarnya ini bukanlah fitur yang baru, karena fitur ini sebelumnya sudah menjadi kelebihan Android 6.0 Marshmallow. Namun pada Android N 7.0 fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem. Modus malam akan merubah tampilan smartphone menjadi lebih gelap sehingga tidak menyilaukan mata.

17. File Manager
Untuk mempermudah melakukan penataan berbagai file, Google juga turut meningkatkan kemampuan File Manager, yang bisa Anda akses melalui Menu Storage => Explorer. Pada Android N 7.0, File Manager bawaan menawarkan lebih banyak fitur seperti copy paste dan navigasi yang lebih mudah bagi pengguna.

18. Overview

Kelebihan Android N 7.0 lainnya adalah memungkinkan Anda dapat beralih antar aplikasi yang aktif tanpa harus menyentuh layar sama sekali. Caranya dengan mengetuk tombol Overview dua kali, tentunya akan mempermudah Anda untuk kembali pada aplikasi sebelumnya. Fitur yang simple tetapi sangat berguna.

19. Pilihan pada Tombo Power

Ketika anda menekan tombol power maka akan muncul lebih banyak pilihan ketimbang Android sebelumnya. Seperti Turn Off, Reboot, Soft Reboot, Recovery, Bootloader, dan Safe Mode. Anda bisa menggunakan fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan.

20. Warna Notifikasi
Pada Android N 7.0 ini anda bisa memilih berbagai macam warda LED notifikasi sesuai dengan kesukaan anda masing-masing. Ada sangat banyak pilihan warna yang bisa ditentukan sendiri oleh pengguna.

Bagaimanakah pendapat anda tentang postingan 20 Kelebihan Android N 7.0 VS Android 6.0 Marshmallow di atas? Apakah anda juga tertarik ingin mencicipi Android N 7.0? Mohon bersabar sejenak anda pasti akan segera mencoba langsung si robot hijau terbaru ini. Banyak-banyaklah ber’doa agar ketika kelebihan dalam fitur Android N 7.0 ini sudah rilis, smartphone yang anda miliki mendapat update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar