Selasa, 31 Mei 2016

14. Perbedaan Samsung C5 VS Samsung J5

14 Perbedaan Samsung C5 VS Samsung J5
Untuk memilih suatu smartphone yang baik dan sesuai dengan kebutuhan maka diperlukan berbagai pertimbangan-pertimbangan, seperti mengetahui perbedaan lengkap sesuai dengan spesifikasi smartphone tersebut. Setelah mendapatkan informasi secara detail barulah konsumen bisa menentukan pilihan dengan tepat.


Perbedaan yang perlu diketahui kali ini adalah antara Samsung Galaxy C5 dengan Samsung Galaxy J5 yang merupakan smartphone Samsung series C dan series J namun membawa kode yang sama yakni "5". Sebelumnya Bedakan Smartphone sudah membahas tentang Perbedaan Samsung C5 dan Samsung C7. Melanjutkan postingan itulah tulisan ini di buat sehingga anda bisa membedakan antara C5 dan J5 kemudian mementukan pilihan.

Secara ringkas perbedaan antara kedua smartphone Samsung Galaxy C5 dan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


Galaxy C5 Galaxy J5
Layar 5,2 inchi 5,0 inchi
Berat 143 gram 146 gram
Kerapatan ~424 pixel ~294 pixel
Chipset Snapdragon 617 Snapdragon 410
CPU Octa 1.5 GHz Quad1.2 GHz
GPU Adreno 405 Adreno 306
Kamera Primer 16 MP 13 MP
Kamera Sekunder 8 MP 5 MP + LED Flash
Internal 32/64 GB 8/16 GB
RAM 4 GB 1,5 GB
Sensor: Fingerprint, accelerometer, proximity, compass Accelerometer, proximity
Warna: Silver, Gray, Gold, Rose Gold White, Black, Gold
OS Marshmallow Lollipop
Bluetooth v4.2 v4.1

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu perbedaan antara kedua smartphone di atas.

1. Layar Smartphone
Samsung Galaxy C5 diproduksi untuk menyasar kelas menengah ke bawah sehingga memiliki layar lebih kecil yakni 5,2 inchi dengan tema layar yang lebih baru lagi. Sedangkan Samsung Galaxy J5 dibuat juga untuk menyasar segmen kelas menengah ke bawah sehingga layarnya lebih kecil yakni 5,0 inchi.

2. Berat Device
Biasanya, semakin lebar layar sebuah smartphone makan semakin berat pula bobotnya. Namun hal ini tidak berlaku bagi Samsung Galaxy C5 yang memiliki layar 5,2 inchi dengan berat hanya 143 gram. Sedangkan Samsung Galaxy J5 yang berlayar 5,0 inchi ini bobotnya justru 146 gram. Sehingga C5 lebih enak ditangan karena lebih ringan.

3. Kerapatan Pixel
Kerapatan pixel menentukan jelasnya sebuah gambar yang dimiliki sebuah smartphone. Semakin tinggi kerapatan pixel suatu smartphone, maka semakin bagus pula kejernihan layarnya. Samsung Galaxy C5 memiliki kerapatan pixel ~424 pixel. Sedangkan pada Samsung Galaxy J5 hanya ~294 pixel saja. Artinya, Samsung Galaxy C5 lebih baik daripada J5.

4. Kecepatan Aliran Data
Untuk mempercepat aliran data, Samsung Galaxy C5 menggunakan Chipset Snapdragon 617. Sedangkan Samsung Galaxy J5 menggunakan Snapdragon 410. Artinya Samsung Galaxy C5 lebih unggul ketimbang J5.

5. Pemprosesan Data
Samsung Galaxy C5 mengusung CPU cepat 8 inti yakni Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53. Sedangkan pada Samsung Galaxy J5 menggunakan CPU 6 inti yang lebih lambat yakni Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Sehingga peforma pada Samsung Galaxy C5 lebih unggul ketimbang pada J5.

6. Perbedaan Grafis
Masalah pengolahan grafis untuk membuat gambar HD berjalan dengan baik seperti Game HD dan aplikasi berat lainnya, Samsung Galaxy C5 mengandalkan GPU Adreno 405. Sedangkan pada Samsung Galaxy J5 lebih rendah lagi yakni memakai GPU Adreno 306. Hal ini membuat Samsung Galaxy C5 memiliki grafis lebih baik daripada J5.

7. Kamera Primer
Samsung Galaxy C5 memiliki kamera belakang berkapasitas besar yakni 16 mega pixel. Sedangkan Samsung Galaxy J5 menggunakan kamera berlensa 13 mega pixel saja. Oleh karena itu tampilan photo pada C5 lebih baik ketimbang J5.

8. Kamera Sekunder
Samsung Galaxy C5 mempercayakan lensa berkekuatan 8 mega pixel di bagian depan untuk aktivitas selfie. Sedangkan Samsung Galaxy J5 menggunakan kamera 5 mega pixel saja. Namun, hal yang patut dijadikan pertimbangan adalah kamera depan J5 memakai LED Flash sehingga selfie ria ditempat gelap pun tak perlu hawatir. Sedangkan pada C5 LED Flash tidak disertakan namun kemampuan kamera 8 MP tentu menampilan gambar yang lebih baik dikondisi pencahayaan yang sesuai.

9. Internal Memori
Kedua smartphone ini memang sama-sama terdapat dua versi memori internal, namun keduanya berbeda dalam hal kapasitasnya. Jika pada Samsung Galaxy C5 memakai internal 32/64 GB, maka pada Samsung Galaxy J5 menggunakan 8/16 GB saja.

10. Kapasitas RAM
Demi kelonggaran dalam menjalankan aplikasi yang memiliki data yang besar, memperhitungkan kapasitas RAM sangatlah penting. Samsung Galaxy C5 mengadopsi RAM sebesar 4 GB. Sedangkan Samsung Galaxy J5 memakai RAM 1,5 GB saja. dalam hal ini C5 mampu membuka aplikasi lebih banyak ketimbang J5.

11. Kelengkapan Sensor

Di zaman yang serba canggih ini, Sensor bahkan menjadi kebutuhan bagi beberapa orang. Jika anda tiermasuk tipe orang yang seperti itu, maka Samsung Galaxy C5 menjadi pilihan yang tepat karena sudah disematkan sensor sidik jari, accelerometer, proximity, dan compass. Sedangkan pada Samsung Galaxy J5 hanya terdapat dua sensor saja yakni Accelerometer, dan proximity.

12. Pilihan Warna
Semakin banyak pilihan warna, maka semakin bebas pengguna memilih warna kesukaan mereka masing-masing. Samsung Galaxy C5 terdiri dari 4 pilihan warna Silver, Gray, Gold, dan Rose Gold. Sedangkan Samsung Galaxy J5 terdiri dari 3 pilihan warna yakni White, Black, dan Gold.

13. Versi Android
Semakin tinggi versi android yang digunakan smartphone, maka semakin sedikit pula bugs yang ada pada system perangkat tersebut. Untuk Samsung Galaxy C5 menggunakan OS android V6.0 Marshmallow. Sedangkan Samsung Galaxy J5 memakai versi android yang lebih rendah lagi yakni V5.0 Lollipop.

14. Versi Bluetooth
Konektivitas bluetooth sangat mempengaruhi kecepatan transfer file suatu perangkat. Samsung Galaxy C5 menggunakan bluetooth versi terbaru yakni V4.2. Sedangkan Samsung Galaxy J5 memakai yang lebih rendah lagi yakni V4.1. Artinya, C5 lebih cepat ketimbang J5 jika digunakan untuk kirim file via Bluetooth.

 
Kesimpulan
Secara garis besar hardware dan software pada Samsung Galaxy C5 lebih unggul daripada Samsung Galaxy J5. Hal ini dikarenakan Samsung Galaxy C5 merupakan generasi terbaru. Oleh karena itu, peforma pada C5 lebih bagus ketimbang J5. Namun, J5 unggul dengan adanya LED Flash pada kamera depan.

Setelah mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy C5 dan Samsung Galaxy J5 di atas, yang manakah menjadi pilihan anda? Silahkan anda putuskan sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila postingan ini menarik bagi anda, share juga ke teman-teman terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar