Sabtu, 23 April 2016

Bahaya Mengkonsumsi Roti Tawar Saat Sarapan Pagi

Dampak buruk yang dapat ditimbulkan roti tawar saat dikonsumsi sebagai menu sarapan - Sarapan pagi merupakan aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan untuk menunjang aktivitas di siang harinya. Menu yang dikonsumsi saat sarapan juga mempengaruhi sistem kerja tubuh saat siang harinya.

     Sarapan pagi juga sangat penting, hal tersebut karena pada saat sarapan pagi tubuh mendapatkan nutrisi dan energi guna menjalani kegiatan seharian penuh, lalu tubuh akan mendapatkan nutrisi lagi pada saat makan siang. Jadi sarapan merupakan kegiatan yang sangat penting.



    Menu sarapan pagi haruslah makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dan karbohidrat yang tinggi karena karbohidrat oleh tubuh akan diubah menjadi energi. Makanan dan minuman 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang cocok saat sarapan.

   Tetapi ada satu makanan yang sangat populer dan banyak dijadikan sebagai menu sarapan. Makanan tersebut yaitu roti tawar. Roti tawar merupakan makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan air. Roti tawar merupakan salah satu makanan yang sangat populer sebagai menu sarapan.

   Penyajiannya juga sangat mudah, cukup menambahkan selai atau meses. Tetapi sarapan dengan roti tawar merupakan kebiasaan yang buruk. Lalu apa yang membuat mengkonsumsi roti tawar merupakan sesuatu yang buruk bagi kesehatan? .

Alasan Kenapa Konsumsi Roti Tawar Saat Sarapan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Roti Tawar Tidak Mengandung Nutrisi Yang Cukup

     Satu alasan yang dapat dilihat secara langsung yaitu kandungan nutrisi roti tawar. Seperti yang telah dibahas diatas. Sarapan merupakan aktivitas penting guna menunjang kegiatan pada siang harinya, oleh karena itu konsumsi nutrisi yang cukup saat sarapan dapat membuat tubuh mendapat nutrisi secara cukup dan kinerja tubuh pada siang hari berjalan lancar.

Meningkatkan Kadar Gula Darah

   Alasan satu ini mungkin sangat cocok untuk anda yang mengidap penyakit gula. Konsumsi roti tawar dapat membuat kadar gula darah naik karena roti tawar terbuat dari biji-bijian yang mudah diserap oleh tubuh, karena mudah diserap oleh tubuh maka hal tersebut cenderung menyebabkan lonjakan gula darah. Roti tawar juga tinggi akan indeks glisemik yang membuat anda rentan untuk terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Tepung Putih Tidak Baik Bagi Kesehatan 

    Bahan utama roti tawar adalah tepung putih. Tepung putih yang menjadi bahan utama roti tawar tersebut sudah kehilangan nutrisi, jadi konsumsi roti tawar tidak memiliki manfaat yang menyehatkan bagi tubuh manusia selain sebagai pengganjal perut.

   Selain itu roti tawar juga sulit untuk dicerna karena mengandung gluten yang membuatnya sulit untuk dicerna sistem pencernaan. Dan roti tawar juga tidak mengandung enzim alami apapun yang dibutuhkan pankreas untuk memecah lemak, karbohidrat, dan protein.

    Tetapi jika anda tetap ingin mengkonsumsi roti sebagai makanan saat sarapan alternatifnya yaitu dengan mengganti roti tawar dengan roti gandum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar