Jumat, 27 Mei 2016

17 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy C7

17 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy C7
Produk anyar dari perusahaan korea ini selalu membawa kelebihan yang menarik untuk konsumen setianya. Kali ini vendor tersebut mengeluarkan series C diantaranya C3, C5, dan C7. Diantara series tersebut Samsung Galaxy C7 menduduki posisi paling atas karena digunakan sebagai device untuk menyasar kelas atas (hight-end).


Samsung Galaxy C7 menggunakan layar berukuran 5,7 inchi dengan tampilan Super AMOLED capacitive touchscreen dan dilengkapi 16 juta warna. Smartphone ini memiliki varian warna yang terdiri dari Silver, Gray, Gold, dan Rose Gold. Pengguna bisa memilih warna sesuai dengan kesukaan masing-masing.  Samsung Galaxy C7 menggunakan resolusi yang sama dengan C5 yakni 1080 x 1920 pixels tetapi memiliki kerapatan layar yang lebih kecil yakni hanya ~386 pixel, padahal C5 lebih rapat yakni ~424 pixel. Hal ini membuat layar pada C5 lebih jernih ketimbang C7.

Dilihat dari sudut kamera, Samsung telah melakukan peningkatan terhadap device series C besutannya demi untuk tetap bertengger diposisi atas ditengah ketatnya persaingan smartphone. Samsung Galaxy C7 dibenamkan dengan lensa sebesar 16 mega pixel, f/1.9, autofocus, dan dual-LED (dual tone) flash serta dukungan fitur seperti smartphone Samsung pada umumnya yakni Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR. Untuk urusan merekam video, smartphone ini mampu merekan hingga 1080p@30fps. Urusan selfie, pengguna tidak perlu hawatir karena device ini sudah dibenamkan kamera berlensa 8 mega pixel pada bagian depan dengan f/1.9. Hal ini menjadi selfie tampak lebih menarik dan pede.

Menggunakan kamera pada Samsung Galaxy C7 sudah pasti membuat pengguna memerlukan sebuah fitur yang sangat cepat untuk mentransfer foto hasil jepretan kamera beresolusi tinggi tersebut. Oleh karena itu, Samsung membekali smartphone dengan NFC yang memungkinkan mengirim foto super cepat hanya cukup dengan sekali sentuhan saja. selain itu, anda juga bisa menggunakan Bluetooth versi terbaru yakni V4.2 yang mendukung A2DP, dan LE. Bluetooth V4.2 ini membuat transfer berbagai file menjadi lebih cepat dan efesien.



Dalam hal jaringan, Samsung Galaxy C7 sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Adapun jaringan yang didukung mulai dari 2G, Edge, 3G, HSDPA, hingga 4G yang support LTE berkeceptaan tinggi saat ini. Keberadaan jaringan yang demikian lengkap membuat pengguna tidak merasakan kekhawatiran dalam menggunakan smartphone ini. Selai itu, demi memudahkan pengguna dalam berkomunikasi menggunakan kartu SIM, smartphone ini telah dilengkapi dengan Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by). Fitur dual SIM membuat pengguna bisa leluasa menggunakan dua kartu SIM sekaligus kesayangan mereka.

Demi membuat puas pengguna setia produknya menyimpan file, Samsung telah membuat smartphone ini dengan membawa Internal memori yang tersedia dalam dua varian yakni 32 GB dan 64 GB, dan support micro-SD hingga 128 GB (uses SIM 2 slot) serta kapasitas RAM yang sangat besar yakni 4 GB RAM. Dengan kapasitas RAM sebesar itu tentu pengguna bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa ada hambatan yang berarti.

Untuk mengatur lancarnya aliran data, Samsung Galaxy C7 menggunakan Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625. Berbicara kecepatan dalam pemprosesan data, Samsung Galaxy C7 telah menggunakan CPU 8-inti yakni Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53. Sedangkan untuk mengolah grafis seperti bermain game dan menjalankan berbagai aplikasi berat, smartphone ini mengandalkan GPU Adreno 506 sehingga memiliki peforma grafis yang bagus.


BACA JUGA:

Keberadaan fitur sensor sangat penting dalam sebuah smartphone. Terbukti Samsung Galaxy C7 memiliki beberapa sensor unggulan seperti Fingerprint, accelerometer, proximity, dan compass. Melalui sensor sidik jari, smartphone ini dapat melakukan pengamanan tingkat tinggi karena sensor unik ini hanya dimiliki oleh jari pengguna perangkat itu saja. Dibeberapa device Samsung seperti Samsung Galaxy S6 juga menggunakan sensor fingerprint ini untuk mengecek kesehatan.

Dalam hal daya baterai, Samsung Galaxy C7 yang berukuran 5,7 inchi ini dibekali baterai berkapasitas Li-Ion 3300 mAh. Untuk tipenya sendiri adalah Non-removable sehingga baterai tidak bisa dilepas. Hal ini membuat smartphone ini memiliki berat 165 gram atau lebih berat dari Samsung Galaxy C5 (143 gram). Untuk spesifikasi lebih jelasnya, silahkan anda lihat di bawah ini.


Info Umum
Rumor Mei 2016
Status Rilis Juni 2016
Desain
Warna Silver, Gray, Gold, Rose Gold
Berat 165 gram
Dimensi 156.6 x 77.2 x 6.7 mm
Layar 5.7 inches capasitive touchscreen
Tipe Super AMOLED, 16M colors
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~386 ppi pixel)
Jaringan
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Tipe 2G GSM 850/ 900/ 1800/ 1900
Tipe 3G HSDPA 850/ 900/ 1900/ 2100
Tipe 4G LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Konektivitas
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
NFC Yes
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
USB microUSB v2.0
Memori
RAM 4 GB
Internal Dua versi (32/64 GB)
Eksternal hingga 128 GB
Software
OS Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Ui Touchwiz Samsung
Hardware
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
Kamera
Belakang 16 MP, f/1.9, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fp
Depan 8 MP, f/1.9
Fitur Lain
Radio To be confirmed
Sensor Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
Browser HTML5
Java No
Player Musik dan video player
Editor Photo dan video editor
Dokumen Support dokumen editor
Charging fast charging
Baterai
Tipe Non-Removable
Daya Li-Ion 3300 mAh
Sumber GSMArena

Berdasarkan tabel di atas maka kelebihan dan kekurangan pada smartphone Samsung Galaxy C7 dapat dirangkum sebagai berikut:


Kelebihan Samsung Galaxy C7
  1. Desain Premium dengan balutan metal
  2. Pilihan warna menarik (Silver, Gray, Gold, Rose Gold)
  3. Layar HD dengan teknologi super Amoled
  4. Kamera depan 8 mega pixel (selfie jadi pede)
  5. Kamera belakang 16 mega pixel (menjepret jadi heppy)
  6. Menggunakan Android 6 Marshmallow
  7. Support dual SIM
  8. Menggunakan RAM besar 4 GB (menjalankan aplikasi tanpa masalah)
  9. Dua versi pilihan internal memori (32 GB dan 64 GB).
  10. Support micro-SD hingga 128 GB
  11. Aliran data lancar berkat Chipset Snapdragon 625
  12. CPU 8-inti (pemprosesan data lebih cepat)
  13. GPU Adreno 506 (grafis bagus, menjalankan game HD tak masalah)
  14. Support NFC (transfer gambar super cepat hanya sekali sentuh)
  15. Jaringan lengkap dari 2G hingga 4G LTE
  16. Support Fast Charging
  17. Bluetooth versi terbaru V4.2 (transfer berbagai file jadi lebih cepat)

Kekurangan Samsung Galaxy C7
  1. Tidak support Infrared sehingga tidak bisa dijadikan sebagai remot control
  2. Baterai yang terbilang kecil hanya Li-Ion 3300 mAh padahal ukuran layarnya cukup besar yakni 5.7 inchi, coba bandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3 yang layarnya hanya 5.5 inchi tetapi memiliki baterai 4100 mAh.
  3. Tipe baterai Non-removable, artinya tidak bisa dilepas. Hal ini pastinya mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas, apalagi ketika digunakan untuk browsing atau bermain game.
  4. Tidak support Java.

    Kesimpulan 
    Karena Samsung Galaxy C7 diproduksi untuk menyasar kelas hight-end seharusnya keberadaan infrared menjadi hal yang standarisasi bagi smartphone kelas atas. Selain itu, kekurangan yang paling dikeluhkan oleh kebanyakan pengguna Android adalah kapasitas baterai yang minim mengingat smartphone dengan OS Android membutuhkan konsumsi daya yang cukup banyak sehingga baterai cepat habis.

    Sekarang kembali pada pilihan anda, apakah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy C7 di atas bisa diterima atau tidak? Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan harian anda. Untuk harga baru Samsung Galaxy C7 saat ini belum hadir di Indonesia. Namun diperkirakan smartphone ini akan dibandrol sekitar 3 jutaan mengingat perangkat ini dihadirkan untuk menyasar segmen kelas atas (hight-end). Bagaimana, anda tertarik? Silahkan anda berdoa semoga smartphone yang anda tunggu-tunggu ini bisa hadir dengan cepat di Nusantara.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar