Kamis, 26 Mei 2016

11+ Hal Yang Wajib DiKetahui Saat Menyewa Ruko

Tips Yang Berguna Saat Anda Hendak Menyewa RUKO

Pada zaman sekarang ruko merupakan solusi ampuh dan efektif untuk mengembangkan bisnis dengan budget yang terbatas. Selin itu kelebihan ruko yaitu anda mendapatkan toko tempat berbisnis dan rumah untuk tempat tinggal. Hal tersebut sesuai dengan kepanjangandari ruko yaitu rumah toko.

Pada zaman sekarang popularitas ruko mengalami kenaikan, hal tersebut mungkin dikarenakan luas wilayah yang mulai berkurang dan kebutuhan usaha maupun hunian yang bertambah. Kebanyakan model unti ruko yaitu bertingkat, hal tersebut menyesuaikan dengan kondisi lahan yang sulit. Kebnyakan ruko memiliki 2 hingga 4 tingkat. Selain sebagai tempat usaha dan hunian, ruko juga dapat digunakan sebagai gudang, tetapi jika dijadikan sebagai gudang, nilai keuntungan ruko jadi berkurang.
Semakin tahun jumlah ruko akan terus meningkat, oleh karena itu saat anda akan menyewa ruko, pastikan anda tidak terpaku pada satu ruko saja. Carilah obsi lain dengan melihat di situs online property atau di iklan Koran. Dengan begitu anda akan mendapatkan ruko yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda.
Selain itu, saat anda hendak menyewa ruko pastikan bahwa ruko tersebut sesuai dengan kriteria dan kebutuhan anda. Ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan saat akan menyewa sebuah ruko. Simak Berikut.

 Hak Milik dan Kejelasan Ruko

Sebelum anda menyewa sebuah ruko, aspek penting yang harus anda perhatikan yaitu kejelasan dan legalitas ruko yang anda pilih. Pastikan anda mengecek status pada sertifikat ruko, apakah sertifikat masih berstatus Hak Guna Bangunan atau sudah Sertifikat Hak Milik.
Jika anda terpaksa menyewa ruko dengan status sertifikat HGB atau hak guna bangunan, maka perhatikan masa berlakunya. Selain itu cari tahu apakah ruko tersebut sudah berijin atau mengantongi IMB dan boleh dipergunakan sebagai tempat usaha.
“Satu Tips Bagi Anda” Jika pemilik ruko menyampaikan dengan berbelit-belit ketika anda Tanya mengenai ijin dan lain sebagainya, sebaiknya anda urungkan dahulu niat untuk menyewa ruko tersebut.

 TKP atau Lokasi

Sebelum menyewa ruko, pastikan bahwa tempat ruko tersebut sesuai dengan jenis usaha yang akan anda kembangkan. Bila anda menggeluti usaha kelontong, pastikan bahwa ruko berada didaerah pasar atau didaerah jual beli maupun daerah yang ramai, Tergantung tempat di kota anda masing-masing.
Pastikan bahwa akses masuk ke ruko anda mudah, atau anda dapat memilih ruko yang berlokasi tepat dipinggir jalan utama. Selain akses yang mudah, kelebihan ruko dipinggir jalan utama yaitu setiap orang yang lewat akan mudah mengetahui ruko tersebut. Apalagi jika anda ingin berusaha kuliner, dengan dukungan plang atau papan nama usaha kuliner anda maka setiap orang yang lewat akan tahu usaha kuliner anda

Kondisi Ruko

Pilihlah ruko dengan kondisi yang bagus, apabila ada pilihlah ruko yang baru dan belum pernah di tempati. Hal tersebut dapat meminimalisir biaya tambahan untuk merenovasi ruko karena interior dan eksteriornya masih baru dan bagus.
Tetapi jika ruko yang anda ingin sewa merupakan ruko seken atau ruko yang sebelumnya pernah ditempati. Cari tahulah pengguna sebelumnya, untuk apa ruko sebelumnya atau digunakan sebagai apa, selain itu anda juga harus teliti mengecek kondisi dalam ruko seperti kamar mandi, lantai , dinding, atap, maupun jendela. Hal tersebut berguna agar tidak menyesal belakangan karena harus mengeluarkan uang lagi untuk merenovasi ruko tersebut
Selain itu anda juga harus mengecek fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir kendaraan, besar daya listrik, air, dapur, kamar mandi, dan sebagainya. Bahkan beberapa ruko juga sudah dilengkapi dengan perabotan. Otomatis harganya mungkin lebih mahal daripada yang tanpa disertai perabotan.
Tetapi hal tersebut dapat menjadi jalan keluar bagi anda yang tidak mau ribet mengurusi perabotan ruko.

Keamanan

Salah satu pendukung tempat mendirikan usaha yaitu keamanan, pastikan bahwa ruko yang hendak anda sewa memiliki keamanan yang terjaga. Jangan memiliki pikiran bahwa jika tempat tersebut dekat dengan pos atau kantor polisi maupun kodim menjadikan area tersebut aman. Pada zaman sekarang, perampok dan pelaku tindak kejahatan memiliki nyali yang kuat atau bermodalkan nekat.
Anda dapat melakukan pemantauan atau survey lokasi untuk mengetahui tingkat keamanan lokasi tersebut. Selain keamanan dari tindak kejahatan, pastikan ruko anda juga aman dari bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran.

Jangka waktu menyewa dan Harga sewa

Setelah menimbang dari beberapa faktor diatas, kini saatnya anda menanyakan harga. Pastikan tawaran harga yang diberikan sesuai dengan kriteria atau standart harga di lokasi tersebut. Anda dapat melakukan riset pasar guna mencari standart harga pasaaran lokasi tersebut.
 Jika sudah pas dengan harga sewa ruko tersebut, selanjutnya yaitu jangka waktu menyewa ruko. Kebanyakan developer atau pemilik ruko menginginkan pembayaran dimuka untuk tahun-tahun pertama.
Jangan langsung memutuskan untuk menyewa ruko dengan jangka waktu yang lama, kecuali jika anda memiliki keperluan lain. Jika anda tidak yakin dengan potensi keuntungan dengan menyewa ruko tersebut, ada baiknya jika anda menyewanya dengan waktu singkat.
Setelah anda merasakan potensi keuntungan menyewa ruko tersebut, anda dapat memperpanjang sewa ruko tersebut atau bahkan membelinya.
Sekian semoga tips diatas mampu membantu anda dalam memilih calon ruko untuk usaha anda.
JANGAN LUPA SHARE JIKA ARTIKEL BERIKUT SANGAT MEMBANTU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar