Selasa, 23 Februari 2016

4 Tahapan Cara Mencari Batu Akik

Penjual batu akik bertebaran di sepanjang jalan kota, yang jadi pertanyaannya darimana ? dan bagaimana cara mencari batu akik? pastinya banyak pembeli yang tidak tahu bagaimana menemukkan batu akik ini.
Cara Mencari Batu Akik

Batu akik warnanya indah dan berbeda-beda terjadi karena pengkristalan mineral dalam jangka waktu yang lama,kemudian menjadi sebuah bongkahan batu yang biasanya dikenal sebagai "Bahan". Kalau hanya mencari batu biasa tentu saja mudah sekali karena bertebaran dimana-mana, ada cara mudah untuk mencari batu akik yang bisa di praktekkan.

Peralatan untuk mencari batu akik

Sebelum mencari batu akik sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu alat bantu untuk menunjang pencarian ini, mencari batu akik kurang efektif dilakukan dengan tangan kosong. Yang perlu anda siapkan adalah :
  1. Palu : Agar batu mudah dipecahkan tentu saja alat ini akan sangat berguna, untuk memecahkan batu cukup pada bagian sudutnya saja agar warna dalam batu tsb bisa terlihat, hal ini bertujuan agar kita dapat mengetahui, batu tersebut benar batu akik atau tidak.
  2. Jarum : Jarum ini nantinya digunakan untuk mnusuk batu yang anda curigai sebagai batu akik, batu akik yang bagus biasanya mempunyai tekstur dan kekerasan yang baik, jika jarum bisa masuk dan menusuk dengan mudah pada batu tersebut, maka batu akik tersebut kurang layak untuk di jadikan perhiasan.
  3. Kantong atau Tas : Bukan hanya untuk menyimpan batu akik yang didapatkan, tetapi juga untuk menyimpan barang-barang penting dan juga makanan.
  4. Sepatu : Agar kaki anda terlindng dengan baik saat mencari batu akik, disarankan untuk memakai sepatu sebagai perlindungan, gunakan sepatu boot tahan air.
  5. Makanan & Minuman : Untuk mencari batu akik biasanya butuh waktu yang tidak sebentar, jadi bawalah makanan/minuman dalam proses mencari batu akik ini, 

cara menemukan tempat yang ada batu akik nya

Setelah peralatan sudah dikumpulkan, berikutnya ada beberapa kriteria yang bisa membantu anda untuk menentukan tempat yang nantinya akan dilakukan pencarian, disimak terlebih dahulu penjelasan dibawah ini :

  1. Carilah sungai yang menurut kalian berpotensi ada batu akiknya atau cari sungai yang orang pernah menemukan batu akik disana.
  2. Setelah kalian menentukan sungai yang berpotensi, carilah lokasi sungai tersebut yang paling jarang dikunjungi oleh orang agar peluang mendapatkan batu akik lebih besar.
  3. Untuk menjaga peluang dalam pencarian batu akik disarankan mencarinya di areal sungai yang berbatu.

Cara mengetahui jenis batu akik

Mengenali jenis batu akik bisa sangat membantu perburuan yang anda lakukan di lapangan, dengan mengenali berbagai jenis batu akik bisa membuat mata anda lebih peka dan memudahkan anda menemukan batu akik. Oleh karena itu penting sekali untuk anda mempelajari jenis, ciri, dan nama dari batu akik, untuk mepelajari hal tersebut bisa memakai buku gemologi atau melalui internet.

Panduan pencarian batu akik di lapangan

Menusuk dengan jarum
seperti yang sempat dijelaskan pada tahapan peralatan tadi, kita bisa menggunkan jarum untuk mengetahui kualitas batu akik dan segi tekstur dan kekerasan yang dimiliki, jika jarum mampu menusuk permukaan batu akik tersebut, maka batu akik itu kualitasnya kurang baik.

Memukul sisi batu dengan palu
Jika menurut kalian ada batu yang mirip dengan ciri-ciri batu akik, ambillah palu dan pukul dibagian sudut batu untuk membuktikan apakah benar batu tersebut merupakan batu akik. pakai palu yang dipersiapkan tadi untuk memukul batu akik yang ditemukan, dengan cara ini anda bisa melihat dengan jelas warna yang dimilikinya.

Gunakan Senter
Gunaan senter untuk memeriksa atau mengetahui kristal batu, Apa tembus cahaya atau tidak. Dengan begitu akan mudah mengetahui serat batu alami yang terdapat didalamnya sehingga bisa mengetahui kualitas batu akik yang ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar