Salah satu yang menonjol dari teknologi Yamaha MI ini adalah terletak pada canggihnya crossplane crankshaft. Dengan teknologi ini Yamaha YZF-R1 menjadi sportbike pertama di dunia yang mengusung teknologi yang notabene juga diaplikasikan pada motor balap MotoGP.
Teknologi Crossplane crankshaft ini sendiri adalah poros engkol dengan desain saling silang atau dengan kata lain memiliki durasi pengapian 90 derajat. Hal ini berbeda dengan biasanya dimana mesin 4 silinder menerapkan pola pengapian 180 derajat sehingga pembakaran dapat terjadi dengan pola merata dan durasi yang saling bergantian mulai silinder pertama sampai keempat.
Berbeda dengan tipe mesin crossplane dimana pembakaran terjadi bergantian antara empat silinder namun dengan durasi yang tidak merata karena desain poros engkol yang saling bersilangan. Desain ini membuat tingkat redaman getaran mesin yang sempurna memanfaatkan gaya tolak poros engkol yang saling bersilangan. Crossplane crankshaft mampu meraih torsi maksimum dengan cepat, sehingga tarikan menjadi responsif dan bertenaga di tiap tingkat putaran mesin.
Sementara itu, bahan magnesium sebagai penyusun pada subframe dan cover mesinnya terbukti ampuh mengurangi bobot motor secara keseluruhan. Dengan demikian pengaturan titik bobot (pusat massa) motor dapat disempurnakan sehingga kemampuan handling dari Yamaha YZF-R1 semakin handal.
(Sumber gambar: Yamaha)
Hadirnya perangkat digital elektronik yang mengatur responsibilitas bukaan throttle (gas) - D-Mode yang memberikan 3 tingkat pengaturan ini membuat aliran tenaga yang tersalurkan semakin terukur. Sehingga setidaknya ada 21 macam setingan mesin yang dapat dipilih saat berkendara.
Untuk jantung pacunya, Yamaha R1 dibekali dengan mesin berkapasitas 998 cc fuel injection, pendingin cairan, 4-stroke, DOHC, 16-katub (titanium intake valves) yang disandingkan dengan 6 percepatan. Dapur pacu tersebut mampu memuntahkan tenaga mencapai 133.9 kW (182.1PS) pada 12.500 rpm dengan torsi 115.5 Nm (11.8) kg-m pada 10.000 rpm.
Spesifikasi Yamaha R1
ENGINE
- Engine type: liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves
- Displacement: 998cc
- Bore x stroke: 78.0 mm x 52.5 mm
- Compression ratio: 12.7 : 1
- Maximum power: 133.9 kW (182.1PS) @ 12.500 rpm (without air-induction)
- Maximum torque: 115.5 Nm (11.8) kg-m @ 10.000 rpm
- Lubrication system: Wet sump
- Carburettor: Electronic Fuel Injection
- Clutch Type: Wet, multiple-disc coil spring
- Ignition system: TCI (digital)
- Starter system: Electric
- Transmission system: Constant Mesh, 6-speed
- Final Transmission: Chain
DIMENSIONS
- Overall length: 2.070 mm
- Overall width: 715 mm
- Overall height: 1.130 mm
- Seat height: 835 mm
- Wheel base: 1.415 mm
- Minimum ground clearance: 135 mm
- Wet weight (including full oil and fuel tank): 206 kp
- Fuel tank capacity: 18 litres
- Oil tank capacity: 3.7 litres
CHASSIS
- Frame: Almunium Deltabox
- Front suspension system: Upside-down telescopic fork, Ø 43 mm
- Front travel: 120 mm
- Caster Angel: 24°
- Trail: 102 mm
- Rear suspension system: (link suspension), Monoshock
- Rear Travel: 120 mm
- Front brake: Hydraulic dual disc, Ø 310 mm
- Rear brake: Hydraulic single disc, Ø 220 mm
- Front tyre: 120/70 ZR17M/C (58W)
- Rear tyre: 190/55 ZR17M/C (75W)
Harga Yamaha R1
- Harga Yamaha R1 baru : Rp 495.000.000,-
- Harga Yamaha R1 second: -
Harga tersebut berlaku OTR Jakarta dan sekitarnya dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Demikian ulasan mengenai Spesifikasi Dan Harga Terbaru Motor Yamaha YZF R1 , segala informasi mengenai spesifikasi dan harganya dirangkum dari situs resmi Yamaha Motor Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal lebih detail mengenai Harga dan Spesifikasi Yamaha R1 Terbaru. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar