Jumat, 23 Oktober 2015

Cara Merawat Sepeda Motor Supaya Selalu Tampil Prima dan Awet

Pertukaran zaman saat sekarang ini dan dengan semakin majunya teknologi saat ini salah satunya kendaraan bermotor roda dua  memenuhi jalan, Sehigga menimbulkan. Hal tersebut sangat di pengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang mobile, selain itu harganyapun lebih murah daripada mobil. Dengan kemajuan teknolgi mesin kendaraan roda dua yang semakin maju, saat ini sepeda motor roda dua juga kuat untuk menempuh jarak yang sangat jauh.  Kita ambil saja contoh, orang-orang yang berada diperantauan dan sangat jauh dari kampung mereka memilih untuk pulang dengan menggunakan sepeda motornya.  

Kalau kita akan menempuh jarak yang sangat jauh menggunakan sepeda motor, kita harus persiapkan dulu motor yang akan di bawa itu harus benar-benar siap lahir batin. Apabila sahabat ingin motornya lebih awet dan tidak banyak mengeluarkan dana, berikut dibawah ini akan saya bagikan  Cara Merawat Sepeda Motor agar Selalu Prima dan Awet, silahkan baca tipsnya dibawah ini :

Cara Merawat Sepeda Motor Supaya Prima dan Awet

Apabila membeli kendaraan sepeda motor  baru
Jangan pernah digunakan untuk membawa beban yang berat  terlebih dahulu tunggu sampai 600 km, sebab itu sangat penting sekali karena oli tersebut lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan-gesekan komponen mesin. Perlu kita ketahui  jalankan sepeda motor tersebutpada mulai dari kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal supaya mesin tahan untuk jangka yang panjang. Manfaatkanlah perawatan gratis yang telah di berikan oleh dealer. Biasanya kita  diberikan gratis untuk servis dan ganti oli selama 3 kali. Supaya terjaga usia mesin untuk jangka yang panjang.
 
Tips: Khusus untuk sepeda motor bermesin 4 tak, tuangkan sedikit oli kedalam lobang knalpot sepeda motor sobat,  supaya knalpot orisinil motor anda lebih awet karena tidak mudah keropos.

Perawatan berkala /tune up 
Tune up sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan ada beberapa komponen sepeda motor yang tergores. Sehingga setelan mesin bisa dapat berubah karena terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu kita harus melakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi sepeda motor tersebut. Debu dan juga kotoran yang terhisap oleh karburator sangatlah mempengaruhi kinerja mesin sepeda motor sahabat, dan itu akan  dibersihkan saat tuneup.

Penggantian Olie
Standard untuk kekentalan olie yang dipakai adalah SAE / Society of Automotive Engineer. Namun di Indonesia kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Negara kita ini. Jadi sahabat jangan lagi khawatir mendapatkan standard olie yang salah untuk motor anda. Yang sangat perlu  diperhatikan adalah kapan kita mengganti olie yang tepat. Hal ini pasti sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang kita beli. Mengganti olie yang melebihi batasan kilometer pemakaian , itu berakibat tidak baik untuk sepeda  motor. Jadi saran saya gantilah oli kendaraan sahabat setiap kilometer kendaraan sahabat menunjukkan angka 2000 km perjalanan atau bisa juga saat kita melakukan perawatan berkala.
 
Tips Dari Saya: Kedisiplinan kita mengganti olie motor dengan patokan pada batas kilometer pemakaian olie ,itu akan sangat membuat motor anda selalu prima.

Kebersihan
Supaya kerangka sepeda motor kita lebih tahan lama atau awet, maka rajin rajinlah mencuci motor sahabat supaya tidak cepat berkarat dan juga keropos, apalagi jika sepeda motor kita hujan hujanan.

Nah, Semoga sepeda motor kesayangan sahabat menjadi lebih awet dan tetap tampil prima dengan melaksanakan beberapa tips Merawat Sepeda Motor Supaya Awet yang saya bagikan diatas, apabila kendaraan kita masih tetap bagus dan perawatan yang sempurna maka harga jualpun nantinya akan lebih tinggi, kalau sahabat ingin mengganti dengan motor yang lain. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar